Tokoh Pendiri UII KH Ahmad Sanusi Diberi Gelar Pahlawan Nasional

Administrator
Sumber: dpp ika uii

Alhamdulillah, salah seorang pendiri UII, KH Ahmad Sanusi (eks Ketua Persatuan Ummat Islam di Sukabumi), mantan anggota BPUPKI (beliau seangkatan Soekarno, Hatta, Wahid Hasyim, Kahar Muzakkir, Ki Bagoes Hadikoesoemi, dll) baru saja dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional pada tanggal 7 November 2022 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.


Walaa taquuluu liman yuqtalu fii sabiilillahi amawat bal ahyaa'

[Jangan kau kira orang yang wafat dalam perjuangan di jalan Allah itu mati, melainkan mereka itu tetap hidup (jasa-jasanya)].


Sedikit profil beliau, Kiai Haji Ahmad Sanusi atau Ajengan Cantayan (18 September 1889 – 31 Juli 1950) adalah tokoh Sarekat Islam dan pendiri Al-Ittahadiyatul Islamiyah (AII), sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan, sosial kemasyarakatan dan ekonomi.

Pada awal Pemerintahan Jepang, AII dibubarkan dan secara diam-diam ia mendirikan Persatuan Umat Islam Indonesia (PUII). Ia juga pendiri Pondok Pesantren Syamsul Ulum, Sukabumi.

Selain itu, Kiai Sanusi juga pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tahun 1945.


=====

Ikuti aktivitas DPP/DPW/DPD IKA UII melalui sosial media:

Website : www.ika.uii.ac.id

Instagram : @dppikauii

LinkedIn : DPP IKA UII

Facebook : DPP IKA UII

===

#ikauii #dppikauii #uiiyogyakarta #alumniuii #uiijayaalumnihebat #uii


  • Share:

Ikuti Perkembangan Alumni
Di Social Media

Para Alumni UII dapat mengikuti perkembangan terbaru dari kegiatan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) melalui berbagai kanal social media, seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, Twitter dan Youtube. Alumni UII juga bisa mengontak admin social media tersebut untuk mengusulkan materi yang menarik ditampilkan.

Layanan Bantuan
Seputar Alumni

Para alumni UII yang membutuhkan informasi dan bantuan dapat menghubungi email pengurus di [email protected] atau [email protected]

Layanan Informasi/ Bantuan Registrasi KTA: WhatsApp +62 878-0467-3373