ja_mageia

Selamat datang di website IKA UII - sarana berbagi informasi kegiatan alumni Universitas Islam Indonesia
Halim Alamsyah PDF Print E-mail
Tuesday, 11 December 2012 06:43

 

ALUMNUS FE UII Jurusan Manajemen Dr. Halim Alamsyah, SE, SH, MA, terpilih sebagai deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), menggantikan Siti Chalimah Fadjrijah. Halim unggul dari dua pesaing lainnya melalui pemilihan yang dilakukan 53 anggota Komisi XI DPR RI di Gedung MPR/DPR Senayan, Jakarta, Senin 10 Mei 2010. Dalam pemilihan tersebut, Alumni FE UII tahun 1980 ini memperoleh 29 suara. Sementara peserta lainnya, Krisna Wijaya (Dirut Bank Danamon), 24 suara, dan Perry Warjiyo (Direktur Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter BI), tidak memperoleh suara.


Sebelum terpilh sebagai Deputi Gubernur BI, ia menduduki beberapa jabatan penting di BI diantaranya, Director of Banking Research and Regulation BI, Direktur Statistic Moneter dan Pembayaran, Direktur Kantor Gubernur dan beberapa posisi penting lain di Bank Indonesia.


Ia memulai karir di BI sebagai analist kredit, dalam kredit departemen koperasi tahun 1982, dan menghabiskan waktu sekitar 25 tahun sebagai peneliti ekonomi makro, berurusan dengan 7 policy moneter peramalan dan analisis. Pada dua tahun terakhir lebih berfokus pada makro kehati-hatian, serta kehati-hatian dalam perbankan mikro dan analisis kebijakan keuangan. Ia juga menjabat dewan Gubernur BI dalam banyak peran dan fungsi dalam perumusan dan rekomendasi kebijakan monenter dan kebijakan perbanka, diantaranya stints luar negeri sebagai secondmet analys siklus usaha dalam Perencanaan Pusat Bureau, Den Haag-Netherlands pada 1990-1992 dan sebagai Economist di Asia Pacific Dept dari IMF, Washington DC pada tahun 1996-1997.


Ketika kuliah di FE UII, Halim menempuh dobel kuliah di Fakultas Hukum UGM lulus 1981. Sedangkan jurusan manajemen FE UII diselesaikan tahun 1980. Kemudian menyelesaikan S2/Master tahun 1985 di Development Economics Boston University USA serta Doktor  (S3) dari Universitas Islam Indonesia tahun 2008, disertasinya berjudul “Monetary policy framework in a highly persitent inflation environment using dynamic stockhastic general equilibrium models”.


Halim juga mengajar ekonomi makro moneter dan tingkat exchange analysis, serta model dan peramalan di beberapa universitas dan pusat-pusat riset di Indonesia dan pusat-pusat riset di Indonesia maupun luar negeri. Ia telah menerbitkan banyak karya ilmiah terutama di bidang ekonomi moneter.


(sumber :  UIINews)

Share this post

 

Banner
Bagaimana menurut anda situs IKA yang baru ?