ja_mageia

Selamat datang di website IKA UII - sarana berbagi informasi kegiatan alumni Universitas Islam Indonesia
Funbike IKA UII Diikuti 15 Ribu Peserta PDF Print E-mail
Wednesday, 11 July 2012 09:49

Senin, 9 Juli 2012

Funbike IKA UII Diikuti 15 Ribu Peserta

**Dahlan: Rute Bersepada Terlalu Pendek

JOGJA - Perhelatan Funbike, gowes keliling kota yang digelar Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UII, dimulai dari Jalan Cik Ditiro hingga Alun-alun utara diikuti sekitar 15 ribu peserta. Juga turut ambil bagian pada acara tersebut sejumlah menteri dan pejabat negara lainnya.

Menteri BUMN, Dahlan Iskan, yang mengikuti kegiatan tersebut mengaku rute yang ditempuh terlalu pendek, sehingga orang nomor satu di BUMN ini kurang marem dengan rute yang ia tempuh. Rute Cikditiro hingga Alun-alun utara berjarak tak sampai 5 kilometer,dan waktu tempuh dengan bersepeda hanya sekitar 15 menit. Maklum saja kalau Dahlan tidak merasa kelelahan meski harus mengayuh sepeda bersama puluhan ribu peserta lainnya. "Kalau sepedanya enak kayak tadi 50 kilometer kuat lah. Yang tadi saya naiki itu enak sepedanya," ujar Dahlan, sesaat setelah sampai di garis finish kemarin (8/7).

 

Mantan Dirut PLN ini berharap jika kelak diundang kembali bersepeda bersama, agar rute yang ditempuh jangan terlalu pendek. Tengah asyik menggowes sepedanya, di tengah perjalanan di Jalan Mangkubumi, sepeda dengan rangka bermerk Kona, Caldera yang dikendarai Dahlan sempat bermasalah dengan rantainya. Namun, dengan sigap Dahlan membenarkannya sendiri tanpa mau dibantu orang lain. Kehadiran Dahlan dalam kegiatan tersebut menjadi pusat perhatian. Momen inilah yang digunakan oleh panitia dan masyarakat umum untuk berfoto bersama Dahlan. Di sepanjang perjalanan pun kehadiran menteri khas dengan sepatu ketsnya ini mengundang warga untuk mengabadikan momen Dahlan bersepeda melintas di Jalan Kota Jogja.

Selain Dahlan, penjabat negara yang hadir dalam acara gowes keliling kota dalam rangkan milad 69 tahun UII, ini antara lain, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas, serta Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, dalam kegiatan menyambut milad 69 tahun UII. Sedangkan Mendiknas Muhammad Nuh dan Menperindag berhalangan hadir dalam kegiatan tersebut. Sejak pukul 06.WIB, ribuan peserta dari segala penjuru sudah memadati dua jalur jalan Cik Ditiro. Start yang dipusatkan di Kampus UII Cikditiro ini sekiranya dimulai pukul 6.15 WIB terpaksa molor selama satu jam.

Dilepas secara resmi oleh Walikota Jogja, Haryadi Suyuti, Rombongan VVIP yang terdiri dari para menteri dan pejabat lainnya ini menempuh rute perjalanan dari Kampus UII Cik Di Tiro, menuju jalan Jenderal Soedirman, melewati Jalan Mangkubumi, Jalan Malioboro dan berakhir di Alun Alun Utara.
Sementara itu Busyro, lebih memilih memisahkan diri dari rombongan VVIP, dan memilih menempuh rute yang lebih panjang dari rute yang ditempuh peserta VVIP. Pada kelompok kedua ini mereka yang mengikuti adalah civitas akademika dan peserta dari masyarakat umum.

Sementara itu, Ketua IKA UII Mahfud MD mengatakan, penyelenggaran funbike kali ini merupakan sebuah pilihan dalam memasyarakatkan olahraga yang tidak terlalu berisiko. “Bersepeda merupakan kegiatan olahraga yang murah yang tidak memiliki cedera yang cukup tinggi dan bisa dilakukan oleh siapa saja," terang Mahfud di Alun-alun utara. Menurut Mahfud, kehadiran tokoh ke acara ini lebih disebabkan pertemanan antara kedua belah pihak disamping faktor UII sebagai universitas nasional.
Sedangkan Rektor UII, Edy Suandi Hamid, mengungkapkan, gowes keliling kota ini ajang untuk bersenang-senang dengan masyarakat. Karena, bagi masyarakat yang telah mengikuti kegiatan tersebut berpeluang memenangkan voucher delapan umroh dan puluhan sepeda motor. (jpnn)

Sumber : Radar Sulteng Online
Last Updated on Wednesday, 11 July 2012 09:56
 

Success Story


Banner
Bagaimana menurut anda situs IKA yang baru ?