ja_mageia

Selamat datang di website IKA UII - sarana berbagi informasi kegiatan alumni Universitas Islam Indonesia
Farmasi UII Gelar Temu Alumni PDF Print E-mail
Saturday, 11 February 2012 00:00

 

Meluasnya jaringan alumni suatu perguruan tinggi yang tersebar di berbagai tempat merupakan suatu indikasi keberhasilan proses pembelajaran yang diterapkan. Proses pembelajaran tentunya akan membawa dampak positif bagi perkembangan perguruan tinggi yang bersangkutan. Karenanya alumni yang tersebar merupakan bentuk pencitraan dari suatu perguruan tinggi. Alumni yang dihasilkan bisa dikatan sebagai cerminan pola pendidikan di bangku kuliah. Demikian dikatakan M. Hatta Prabowo, M.Si. Apt. Ketua Prodi Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UII di kampus Terpadu UII Jalan Kaliurang, dalam Temu Alumni Farmasi UII di Kampus Terpadu Jalan Kaliurang Yogyakarta, Sabtu, (11/2).

Temu alumni tersebut diisi dengan dialog kebangsaan yang mengambil tema “Peran Alumni Farmasi UII Membangun Negeri”. dengan menghadirkan Dr. Salman Luthan, SH. MH., Hakim Agung RI dan Ir. Bachnas, M.Sc., Ketua Harian Ikatan Keluarga Alumni UII sebagai pemateri dalam diallog tersebut. Tidak hanya itu forum yang dihadiri alumni-alumni farmasi di masing-masing simpul daerah se Indonesia ini juga menggelar pameran produk-produk karya dari mahasiswa, yang menampilkan hasil penelitian mahasiswa serta produk-produk kreatif mahasiswa, serta pentas seni.

Dekan FMIPA Yandi Syukri, S.Si, M.Si, Apt dalam acara tersebut mengatakan kerjasama antara alumni Farmasi dan almamater UII harus selalu dibina erat sehingga kekuatan jaringan eksternal semakin kuat pula. Upaya tersebut sebagaimana dipaparkannya sudah dilakukan sejak lama, bahkan sudah menuai hasil misalnya masa tunggu kerja bagi lulusan Farmasi yang rata-rata hanya dua bulan. Hal ini menurutnya di luar dugaan mengingat UII sendiri hanya menargetkan masa tunggu kerja bagi lulusannya dalam tahun pertama kelulusan.

Dalam sesi seminar, Dr. Salman Luthan, SH. MH. Hakim Agung RI, mengatakan kesuksesan alumni tidak hanya berdasar pada jabatan atau prestasi akademik semata, tetapi lebih pada integritas dan sikap moral selama melaksanakan tugas mulia sebagai seorang abdi Negara. menurutnya kesuksesan tidak berfokus pada hasil akhir namun sangat tergantung pada proses untuk mencapai sukses tersebut. Selain itu kesuksesan menurutnya dilihat dari sejauh mana alumni tersebut bermanfaat bagi orang lain sehingga predikatnya sebagai alumni tidak sia-sia.

Dr. Salman Luthan, yang juga alumni UII berpesan ada satu hal yang harus selalu diingat bahwa kampus UII didirikan oleh para founding fathers sebagai kampus perjuangan untuk mencetak pemimpin bangsa yang ikhlas. Hal ini menurutnya yang juga harus diaplikasikan oleh seluruh alumni UII dalam menjalani profesinya.

Sementara itu Ir. Bachnas, M.Sc, yang juga Wakil Rektor III UII menekankan bahwa untuk menjadi alumni yang sukses minimal harus memiliki empat hal yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu pertama cerdas dalam segala hal, kedua jujur dalam segala urusan, ketiga sungguh-sungguh dan bekerja keras dalam setiap usaha, dan yang keempat adalah memiliki kepedulian sosial terhadap sesama.

Ir. Bachnas menambahkan bahwa sekian banyak alumni farmasi yang ditelurkan oleh UII jika bekerja sesuai bidangnya akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat. Ia mencontohkan begitu banyak orang sakit yang membutuhkan obat setiap harinya. Maka dari itu menurutnya jika alumni farmasi UII betul-betul menjalani profesinya maka mereka telah menolong begitu banyak pasien. (Sumber: Humas UII)

Share this post

 
Banner
Banner
Banner

Success Story

Follow IKA on Facebook




Banner
Bagaimana menurut anda situs IKA yang baru ?