ja_mageia

Selamat datang di website IKA UII - sarana berbagi informasi kegiatan alumni Universitas Islam Indonesia
Sehari Dilantik, DPW IKA UII Bengkulu Resmikan Gedung Sekretariat PDF Print E-mail
Monday, 28 January 2013 02:51

Setelah satu hari sebelumnya dilantik, Dewan Perwakilan Wilayah Ikatan Keluarga Alumni (DPW IKA)  UII Provinsi Benkulu Periode 2012-2016 meresmikan gedung sekretariatnya di Jl. Salak Raya 95 Bengkulu. Gedung sekretariat secara langsung diresmikan oleh, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat IKA UII, Prof. Dr. Mahfud MD, pada Jum'at, 25 Januari 2013. Turut Hadir dan memberikan kata sambutan Rektor UII, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, KAHMI Bengkulu, Aktivis Kemasyarakatan, Aktivis LSM, Aktivis Lembaga Kemahasiswaan serta Pejabat Sipil dan Militer.

Dalam kesempatannya Prof. Mahfud Menyampaikan, UII saat ini telah banyak mengalami kemajuan. Lima belas tahun yang lalu alumni UII pernah mengalami inferior kompleks atau tidak pede. Dulu sering universitas yang dianggap bagus hanyalah universitas negeri saja. Padahal UII sendiri sebagai universitas nasional pertama telah lahir 40 tahun sebelum Indonesia ini merdeka.

UII didirikan oleh tokoh nasional yang mendirikan negeri ini, seperti Bung Hatta, Soekiman Wirosandjojo, Natsir dan Wahid Hasyim. Pada pembukaannya, di Kantor Imigrasi, Jl. Gondangdia, Jakarta, Bung Karno selaku Presiden pertama RI juga memberikan kata sambutannya. Dapat dikatakan UII sangat Indonesia, didirikan oleh tokoh nasional dengan berbagai latar belakang.

Oleh karenanya guna membalas jasa para tokoh pendiri UII tersebut, Prof. Mahfud mengajak segenap alumni UII untuk bersama-sama bersatu, membangun negeri ini. Menurutnya tidak mungkin kita semua dapat menjabat diberbagai posisi saat ini bilamana negeri ini belum merdeka.

“Untuk mensyukurinya marilah kita jaga, secara moral, emosional dan spiritual dengan menegakkan hukum keadilan dan menjaga persatuan”, paparnya.

Sementara itu Rektor UII, Prof. Edy Suandi Hamid, menyampaikan bahwa peran alumni telah membuat UII semakin diakui dan diperhitungkan. Alumni UII yang tergabung dalam IKA UII saat ini juga telah memiliki jaringan yang sangat luas, dan yang patut dibanggakan keberadaannya yang saling bantu membantu.

“Seperti yang pernah saya alami ketika menjabat sebagai ketua Forum Rektor Indonesia (FRI), Ketua Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS PTIS) maupun ketika mengemban amanah sebagai Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), sedikit banyak juga terangkat oleh para alumni UII yang berkiprah di level nasional di negeri ini,” paparnya.

Prof. Edy Suandi Hamid, lebih lanjut menyampaikan harapannya, agar kecintaan akan almamater yang tahun ini genap berusia 70 tahun, kedepannya tetap terjaga dan dipertahankan.

Hingga saat ini UII terus menunjukkan banyak peningkatan. Hingga saat ini UII telah memiliki alumni sejumlah 68.357 orang, dari delapan fakultas yang ada. Bila diliat dari antusiasme pendaftar, peminat UII juga terus meningkat yang mana pada tahun kemarin mencapai angka 18.000 pendaftar. Dari jumlah tersebut sekitar lima ribuan pendaftar saja yang diterima. Artinya seleksi UII sangat ketat, guna tetap menjaga mutu dan kualitas civitas akademiknya.

Prestasi lainnya misalnya, lanjut Prof Edy, menginjak tujuh dasawarsa kelahirannya, UII juga menempati posisi terbaik pada site visité quality assurance, baik diantara universitas negeri maupun swasta. Sementara dalam konteks kerjasama UII juga telah memperoleh pengakuan dari berbagai universitas unggul luar negeri, diantaranya dengan universitas dari Australia, Amerika dan Eropa.

“Sementara itu dalam konteks pemeringkatan universitas dunia, sejak tahun 2008 pertama kali UII masuk pemeringakatan dunia versi webometrics, peringkat UII terus menunjukkan peningkatan. Dari awalnya diperingkat empat ribuan sekarang telah berada diperingkat seribu dua ratusan,” ungkapnya. (Sumber: uii.ac.id)

Share this post

 
Banner
Banner
Banner

Success Story

Follow IKA on Facebook




Banner
Bagaimana menurut anda situs IKA yang baru ?